Contoh Surat Undangan Ulang Tahun Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Posted by Anonim on

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun  - Merayakan ulang tahun seakan sudah menjadi tradisi yang melekat dengan masyarakat saat ini. Mulai dari perayaan sederhana atau sekedar makan bersama hingga perayaan mewah pun rela digelar untuk mengenang pertambahan usia. Nah untuk merayakan momen bahagia ini, tentu akan kurang lengkap jika tidak adanya teman serta orang terdekat lainnya. Akan tetapi, bagi orang lain mungkin akan merasa enggan datang apabila tidak diundang secara formal. Dari sinilah surat undangan ulang tahun mulai berkembang hingga memiliki desain yang sangat indah. Namun sebenarnya yang harus anda perhatikan bukalah desain dari surat undangan tersebut melainkan pemilihan kata yang digunakan.
Contoh surat undangan ulang tahun
Contoh surat undangan ulang tahun bahasa Inggris
Biasanya surat undangan ulang tahun ditujukan pada para sahabat atau orang lain yang rumahnya berdekatan, maka bahasa yang digunakan pun bahasa non formal. Sehingga kesan akrab akan jauh lebih terasa. Dari penggunaan bahasa saja sudah jelas berbeda dengan jenis surat lainnya, lalu bagaimana dengan tata cara penulisan surat undangan ulang tahun?
 
Untuk masalah penulisan masih sama, yaitu terdiri dari 4 bagian antara lain adalah salam pembuka, isi, salam penutup dan nama pengirim. Hanya saja tulisan tak dibuat dengan font yang kaku, namun dibuat dengan menggunakan font yang terlihat lebih asik dibaca. Dan satu yang paling khas dari sebuah surat undangan ulang tahun yaitu penggunaan sapaan yang menggambarkan pihak pengundang dan yang diundang. Sering kali anda menjumpai sapaan “sahabatku” atau dari “sahabatku” “yang tersayang” dan masih banyak lainnya.
 
Lalu seperti apa contoh surat undangan ulang tahun yang menarik? Berikut paparannya untuk anda :
 
Kepada
Teman-Temanku Siswa Kelas IV
di Wonosobo, Jawa Tengah

Salam Bahagia selalu,
Teman-teman, alangkah senangnya jika pada hari ulang tahunku yang ke-10 nanti, teman-teman dapat hadir memeriahkan acara tersebut.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal    : Minggu, 28 November 2016
Jam                    : 11.00 WIB
Tempat              : Brother House Caffe, Jln. A. Yani No. 04 Wonosobo

Hadir ya acara ulang tahunku. Atas perhatian teman-teman Aku ucapkan terima kasih.

Salam,
Sahabatmu,


Venicka Putri

Dari contoh di atas anda dapat memperhatikan dengan jelas, bahasa yang digunakan merupakan bahasa santai bukan?  Selain menggunakan bahasa Indonesia yang santai, sering kali surat undangan ulang tahun juga dibuat menggunakan bahasa Inggris. Pada dasarnya unsur-unsur surat undangan ulang tahun bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sama saja, hanya perbedaan kosa katanya saja.
Jika mungkin anda beranggapan surat undangan ulang tahun bahasa Inggris hanya bisa digunakan oleh mereka yang memang tinggal di luar negeri atau mereka yang berasal dari luar negeri, anggapan ini salah besar
 
Karena orang pribumi pun dapat menggunakannya, bahkan dapat dijadikan sebagai satu proses pembelajaran bahasa asing. Untuk lebih jelas bagaimana struktur dan penggunaan kosa katanya, berikut ini contoh surat undangan ulang tahun bahasa Inggris.

My dear friend

I would like to invite you to attend the event 26th birthday special gift Bring ya :)

Place          : Brother House Cafe
Clothing     : Casual clothes
Time           : 20:00 to completion
Day / Date : Saturday / 28 November, 2016

I wait for the arrival of you yes and do not forget to wear casual yes .
Thank you friend.

Send warm regards,
Your friend ,


Venicka Putri
 
2 contoh surat undangan ulang tahun tersebut dapat anda jadikan referensi untuk menyusun kosa kata ketika hendak membuat surat undangan ulang tahun.

Previous
« Prev Post