Contoh Surat Izin Sekolah Tidak Masuk Karena Sakit

Posted by Anonim on

Contoh surat izin sekolah adalah salah satu jenis surat pribadi karena ditulis atas nama pribadi. Surat izin ini biasanya dibuat saat peserta didik berhalangan hadir di sekolah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Surat ini bertujuan untuk memberi informasi kepada pihak sekolah yaitu guru bahwa peserta didik yang bersangkutan berhalangan datang ke sekolah. Surat izin ini sangat penting untuk dibuat agar ketidakhadiran seorang peserta didik dapat diketahui oleh guru atau wali kelasnya. Sebab, jika tanpa pemberitahuan sebelumnya, maka ketidakhadiran seorang peserta didik di sekolah dikategorikan sebagai alpa.
Contoh surat ijin tidak berangkat sekolah
Contoh surat ijin tidak berangkat sekolah
Berikut ini contoh surat izin sekolah buatan sendiri:

Yogyakarta, 10 Januari 2017

Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 4C
SMA NEGERI WONOSARI 4
Di tempat

Dengan hormat,
Saya siswa kelas 4C yang bernama :

Nama       : Muhammad Amirrudin
Absen       : 16
Alamat      : Jl. Pembina No. 16, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul

Dengan surat ini, memberitahukan bahwa saya tidak bisa hadir di sekolah dan mengikuti pelajaran seperti biasa. Yaitu pada hari ini, Selasa, 10 Januari 2017 dikarenakan ada keperluan keluarga yang mewajibkan saya turut serta. Oleh karena itu sudilah kiranya Bapak/Ibu guru memberikan izin dan memakluminya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu yang Bapak/Ibu guru berikan saya mengucapkan terima kasih.

  
 Hormat saya

 (Tanda tangan)

(Muhammad Amirrudin)


Sedangkan yang ini adalah contoh surat izin sekolah karena sakit.

Yogyakarta, 10 Januari 2017

Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 6
SMP Negeri 2 Wonosari
Di tempat

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama       : Ahmad Yazid
Absen       : 17
Alamat      :  Jln. Perjuangan No 15, Kepek, Wonosari, Gunungkidul

Dengan surat ini, memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu, 10 Januari dikarenakan sakit. Oleh karena itu sudilah kiranya Bapak/Ibu guru memberikan izin. Demikian surat ini saya buat,  atas perhatian dan waktu yang Bapak/Ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya

 (Tanda tangan)

(Ahmad Siddicq)

Sebenarnya cara membuat surat ijin tidak masuk sekolah sangat mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Surat izin sekolah ini sama seperti surat izin pada umumnya. Komponen alamat, tanggal, dan keterangan tidak masuk sekolah tentu merupakan bagian penting yang harus dicantumkan. Tidak hanya itu, surat keterangan sakit dari dokter jika ada pun bisa dilampirkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat izin sekolah yaitu:
  1. Surat izin sekolah dibuat dengan alasan yang benar-benar logis dan terjadi.
  2. Menulis surat izin sekolah sebaiknya menggunakan tulisan tangan.
  3. Jika surat izin sekolah dibuat dengan alasan sakit, maka jika sakitnya lebih dari tiga hari lebih baik lampiran surat keterangan dari dokter.
  4. Surat izin sekolah bisa dibuat sendiri atau dibuat oleh orang tua.
  5. Penulisan dalam surat izin sekolah disesuaikan dengan EBI (Ejaaan Bahasa Indonesia) yang baik dan benar.
Nah, itulah dua contoh surat izin sekolah tidak masuk karena sakit. Mudah sekali membuatnya, siapapun bisa belajar untuk menulis surat izin sekolah. Semoga dapat memberikan manfaat. Nama, sekolah, alamat di atas adalah contoh yang digunakan sebagai perumpamaan saja, bila terdapat kesamaan maka tidak disengaja. Selamat menulis surat izin sekolah!

Previous
« Prev Post