Contoh Invoice Penagihan Jasa/Barang Yang Baik dan Benar

Posted by Anonim on

Contoh Invoice Penagihan Jasa/barang dalam Format Word dan Excel - dalam dunia bisnis kita tentu sudah sering mendengar istilah Invoice/faktur. Namun bagi yang baru terjun di dunia usaha, tak jarang yang masih bingung arti Invoice adalah, dan kegunaaan Invoice, apalagi sampai pada tahap cara membuat invoice yang baik dan benar. Mengerti apa itu invoice sangat diperlukan, sebab Invoice atau faktur merupakan salah satu surat niaga yang perannya cukup penting.

Bagi penguasa yang baru merintis usaha, Invoice ini biasa disebut juga sebagai BON, hanya saja penggunaan Invoice biasanya untuk pembelian barang dan jasa dnegan jumlah nominal yang cukup besar. Serta biasanya diminta oleh perusahaan-perusahaan. Sehingga jika transaksi Anda dengan Klien "kecil" biasanya tak memerlukan Invoice, namun jika bertransaksi dengan perusahaan biasanya akan dimintai Invoice dalam setiap penjualan barang/jasa. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetaui apa itu Invoice. Berikut ini kami berikan perngertian, keguanaan, serta Contoh Invoice yang baik dan benar.
Contoh Invoice Penagihan Barang/Jasa

Arti Invoice/Faktur

Invoice adalah surat tagihan yang dibuat oleh penjual baik barang atau jasa yang kemudian diberikan kepada pembeli sesuai dengan kesepakatan pemesanan (Purchase Order).  Invoice sendiri berisi rincian barang/jasa yang dibeli baik itu kuantitas, detail merek dan spesifikasi, serta harga barang. Invoice biasanya dibuat dalam 2 atau 3 salinan untuk diberikan kepada pembeli, sebagai arsip bagian penjualan, dan keuangan.
Baca juga : Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa

Cara Membuat Invoice Penagiahan Yang baik dan benar

Untuk membuat invoice tagihan jasa atau barang, maka kita harus memahami terlebih dahulu keguaan Invoice. Invoice ini berfungsi untuk menginfokan jenis barang dan jumlah pembayaran beserta info rekening pembayaran. Invoice juga digunakan sebagai bukti absah  atau sebagai rujukan jika barang akan dijual lagi ke pihak lain.

Hal-Hal yang harus ada dalam Contoh Invoice Penagihan

  • Nomer Invoice : Nomer ini merupakan nomer urut yang dibubuhkan pada saat terjadi transasksi PO (Purchase Order)
  • Tanggal Invoice : tanggal Invoice merupakan info tanggal dimana terjadi PO dan batas maksimal pembayaran Invoice
  • Tujuan Invoice : Berisi instansi/perusahaan/nama orang yang mendapat surat tagihan, lengkap dengan alamat jelas
  • Info Pembayaran : Untuk info pembayaran harus jelas, baik itu Nomer Rekening, Nama di rekening, dan pembayaran ditujukan kepada identitas perusahaan kita.
  • Detail Invoice tagihan : Bagian ini merupakan yang terpenting yaitu berisi detail barang/jasa yang dibeli, harga satuan, total harga, kuantitas, dan jumlah semua tagihan lengkap dengan pajak.
  • Tanda tangan/cap dari bagian billing/keuangan.
Nah setelah kita tahu apa arti Invoice adalah, serta cara membuat Invoice, silakan dicermati contoh Invoice yang baik dan benar berikut ini dalam bentuk MS. Word. Anda juga bisa mendownload Contoh Invoice penagihan dalam bentuk Excel.


Previous
« Prev Post