Contoh Notulen Rapat Dinas, Diskusi, dan Seminar Yang Benar

Posted by Anonim on

Contoh Notulen Rapat - Notulen merupakan salah satu item yang sangat penting dalam sebuah agenda rapat, baik itu rapat dinas,rapat perusahaan, rapat osis, atau rapat yang sifatnya tidak terlalu resmi seperti diskusi dan seminar. Mengapa sangat penting? pasalnya Notulen menjadi bukti otentik bahwa sebuah rapat sudah terselenggara. Notulen digunakan sebagai bukti yang sah secara hukum selain berita acara kegiatan. Selain itu Notulen juga bisa digunakan sebagai pengingat jika ada rapat lagi sebagai tindak lanjut dari rapat sebelumnya.
Contoh Notulen rapat perusahaan
Contoh Notulen rapat perusahaan
Oleh sebab itu kedudukan Notulen sangat penting dan pasti ada dalam setiap rapat terutama rapat resmi dinas, Osis, Perusahaan, dan organisasi lainnya. Bagi yang sudah terbiasa berkecimpung dalam organisasi, tentu saja membuat Notulen yang baik dan benar sudah tidak kesulitan lagi. Namun bagi yang belum pernah ikut dalam organisasi, tentu kesulitan dalam membuat notulen rapat yang baik dan benar. Meskipun sebenarnya cara membuat Notulen sudah diajarkan dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Nah pada kali ini Contohsurat.co akan memberikan Contoh Notulen Rapat Dinas, atau perusahaan. Contoh pembuatan Notulen Rapat ini juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti diskusi, atau seminar. Namun sebelum menyentuh ke bagian contoh Notulen yang baik dan benar, kita akan menyinggung dulu tata cara penulisan Notulen rapat yang benar :

Cara Membuat Notulen Rapat Yang Benar

Penulisan Notulen Rapat biasanya sudah disediakn formnya bagi yang ada di Perusahaan atau Dinas, kita tinggal print dan isi saja. Namun bagi yang belum punya format penulisan Notulen Rapat yang benar, berikut ini hal-hal yang perlu ditulis dalam Notulen :

Kop Organisasi atau Instansi

Di bagian paling atas Notulen harus terdapat identitas Organisasi atau instansi, biasanya berupa Kop Surat yang lengkap dengan logo dan alamat.

Detail Kegiatan

Di bawah kop, harus ditulis detail agneda rapat berupa :
  • Hari/tanggal rapat
  • Waktu Rapat (waktu mulai dan berakhir)
  • Tempat diselenggarakan rapat
  • Agenda rapat (topik yang dibahas)
  • Jumlah peserta

Isi Notulen

Setelah jelas identitas organisasi dan detail rapat, di bagian bawahnya merupakan isi dari Notulen. Lalu apa saja yang harus ditulis dalam Notulen? simak selengkapnya berikut ini :

Yang bertanggung jawab untuk menulis Notulen/Notule adalah seorang Notulis. Notulis biasanya adalah seorang sekretaris atau yang ditunjuk khusus sebagai Notulis. Hal hal yang harus ditulis dalam Notulen adalah :
  1. Susunan Acara lengkap yang dibacakan oleh MC
  2. Jika ada Sambutan, tulis siapa yang memberikan sambutan beserta ringkasan/poin isi sambutannya
  3. Isi Notulis berupa pembahasan diskusi, namun tidak semua apa yang didengar oleh Notulis harus ditulis dalam Notulen. Notulis harus pintar pintar dalam meringkas poin yang disampaikan seperti usulan, tanggapan usulan, dan yang paling penting adalah hasil keputusan musyawarah. Catat hal hal yang penting dalam diskusi.
  4. Di bagian akhir Notulen harus dibubuhi tanda tangan Notulis, dan juga pemimpin rapat sebagai salah satu bukti bahwa notulen benar benar sesuai dengan hasil rapat. Di bagian bawahnya juga sertakan kopian daftar hadir sebagai saksi.
Nah itulah tata cara penulisan Notulen rapat organisasi atau rapat dinas yang baik dan benar. Setelah mengetahui cara-cara penulisannya, berikut ini kami lampirkan contoh Notulen Rapat Dinas yang bisa Anda jadikan eferensi dalam membuat Notulen.

Previous
« Prev Post